Kriteria SDM Yang Ideal
KRITERIA
SDM YANG IDEAL
A. Kriteria SDM yang ideal
1. Ulet
Seseorang yang tak gampang putus asa. Jadi akan terus menerus berusaha
mencari penyelesaian, diiringi dengan sikap tekun, keuletan tersebut akan
membawa orang tersebut pada sebuah dedikasi pekerjaan yang bermutu dan
berkualitas. Di mana ini tentu saja akan membawa dampak positif pada perusahaan
tempat pegawai tersebut bekerja.
2. Tekun
Seseorang yang memiliki kemampuan untuk memfokuskan perhatian mereka pada
sesuatu yang sedang mereka kerjakan. Harap Anda ketahui, bahwa tidak semua
orang bisa memiliki kemampuan ini. Ketekunan itu sendiri, akan menciptakan
sesuatu, sebab manusia atau SDM berkualitas tak akan berhenti jika mereka belum
membuahkan sesuatu yang positif untuk perusahaan atau tempat organisasi di mana
mereka bekerja.
3. Inovatif
Selain tekun dan ulet, sifat ketiga ini juga penting untuk masuk dalam
kategori SDM berkualitas. SDM yang berkualitas itu bukanlah seorang pegawai
yang cepat puas dengan apa yang mereka gapai, namun merupakan seorang manusia
unggul, yakni manusia kreatif, yang senantiasa aktif dalam mencari berbagai hal
yang baru. Tentunya yang bersifat positif dan mendukung pekerjaan mereka untuk
mencapai hasil yang lebih baik lagi, bukan penurunan kinerja.
4. Jujur
Sifat keempat ini sangatlah penting. Banyak SDM yang harus diberhentikan
secara sepihak oleh perusahaan karena tidak memenuhi poin keempat ini, bahkan
harus berurusan dengan hukum. Kejujuran ini, lebih luas, bukan hanya bagi orang
lain namun juga bagi diri sendiri. Di mana kejujuran pada orang lain yakni
harus bisa bekerja sama, dilandasi oleh rasa saling percaya. Kejujuran pada
perusahaan, bekerja dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku. Namun juga
harus jujur terhadap kemampuan mereka sendiri, jika seorang SDM jujur terhadap
apa yang bisa mereka perbuat serta apa yang tak dapat mereka perbuat, maka
orang tersebut akan mendapatkan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai. Dan tidak
menutup kemungkinan untuk berkembang ke depannya.
5. Dedikasi
Walaupun terlihat sepele, namun dedikasi ini juga sifat yang penting yang
harus dimiliki oleh SDM berkualitas. Seorang yang unggul wajib untuk memiliki
rasa pengabdian pada tugas serta pekerjaan mereka. Di mana mereka harus
mempunyai visi yang jauh ke depan. Seseorang dengan dedikasi yakni seorang yang
disiplin, sebab akan fokus pada apa yang mau mereka wujudkan. Jika dilihat dari
sisi profesionalitas, maka memiliki arti tidak bekerja setengah-setengah.
B.
Harapan dari kriteria SDM
1.
Memiliki SDM yang dapat di percaya dalam bekerja dan dapat Mengembangkan perusahaan.
2.
Memiliki sdm yang bekerja keras dalam mengembangkan perusahaan
3.
Mempumyai SDM yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan perusahaa
4.
Memiliki SDM yang pantang menyerah dalam mengembangkan perusahaan
5.
Memiliki SDM yang dedikasi
C.
Sara meningkatkan SDM
1. Melalui pelatihan.
Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap.
Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap.
2. Pendidikan.
Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
kerja, dalam arti pengembangan bersifat formal dan berkaitan dengan karir.
3. Pembinaan.
Pembinaan bertujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem
organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power
planning, performance apparaisal, job analytic, job classification dan
lain-lain.
4. Recruitment.
Recruitment ini bertujuan untuk memperoleh SDM sesuai klasifikasi kebutuhan
organisasi dan sebagai salah satu alat organisasi dalam pembaharuan dan
pengembangan.
5. Melaluui Perubahan sistem.
Perubahan sistem memiliki tujuan untuk menyesuaikan sistem dan prosedur
organisasi sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancaman dan peluang faktor
eksternal.
Komentar
Posting Komentar